nur laili awalia

Minggu, 31 Mei 2015

Lock&Lock "Sambal Tumpang Tozono"

Di Ketik oleh: Pak Judin - 09.20
    Beragam cita rasa kuliner Indonesia memang menjadi magnet bagi saya, mencoba mengupas aneka resep nusantara yang begitu menggoda hehe.. Berawal dari keluarga yang meramu resep masakan sedap, mentradisinya hingga jadi sebuah warisan budaya kuliner lezat.. Lain kota lain pula ceritanya lain juga kuliner nikmatnya maka ketika saya kecil sampai sekarang sudah punya 2 buntut (ups.. Anak red) sudah menyinggahi 5 kota walau masih satu propinsi tapi resep dengan nama masakan yang sama pun kadang berbeda bahan dan cara memasaknya..(luar biasa kaya bukan warisan kuliner kita..??)


Maka tradisi menu masakan dirumah orangtua saya (jombang) berbeda dengan menu masakan dirumah mertua (kertosono) padahal jarak kota kurang lebih 30km saja, begitulah setiap saya dan suami pulang sambang kerumah tercinta Ibu mertua selalu menghidangkan menu masakan khas kota yaitu nasi pecel sambal tumpang, wah ini dia keunikannya.. Nasi pecel di daerah lain banyak tapi yang plus sambal tumpang inilah khas dari kota Nganjuk disajikan plus rempeyek kriuk disandingkan dengan lauk apapun rasanya tetep maknyusss:)
   Ini dia resep warisan tersebut semuanya tinggal main cemplung aja alias direbus dengan khas aroma daun salam ya Hmmm.. Berbahan dasar hanya tempe yang direbus lalu diberi santan, sebenarnya resep aslinya ada tempe semangit (tempe yang diinapkan) konon katanya bikin makin sedap si sambal ini lho tapi saya skip hehe..
   Masih menggunakan alat tempur memasak saya yang satu satunya yahuud yaitu E-Cook Deco Fry Pan dari Lock&Lock. Komplit all in one ya fungsinya buat tumis, rebus, panggang dan goreng tanpa takut lengket karena lapisan Anti lengketnya bagus, bagian dalam pan yaitu alumunium yang dilapisi diatasnya Hard-Anodized yang merupakan bahan utama pan yang mmenjaga panci lebih awet dan tetap aman meski ada goresan.
   Fry Pan ini mempunyai tampilan luar yang cantik dengan pilihan warna yang ceria, cocok buat para ibu-ibu yang demen banget liat barang good looking (iya kan?! Ngaku..). Pegangannya kokoh dari pelat alumunium yang padat serta silikon diatasnya membuat pas ditangan. Bagian bawah panci juga terdapat lapisan tahan panas yang membuat panas tersebar merata, masak jadi hemat bahan dan nggak gosong. Setelah memasak pun pan mudah dibersihkan walau dilap dengan tissue karna terdapat lapisan anti lengket yang good.. berikut resep dari mertua hehe..

 

" Sambal Tumpang Tozono "

Bahan:
1 tempe kira-kira 150gr
1/2 liter air
Bumbu:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1 cabe merah
3cm lengkuas memarkan
3 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
3 cabe kecil biarkan utuh
1 gelas santan kental
gula garam secukupnya
Cara membuat:
1. Rebus tempe dalam 1/2 ltr air dalam E-Cook pan masukan daun salam masak hingga tempe empuk, angkat tiriskan haluskan
2. Haluskan bumbu, masukan ke pan bersamaan dengan tempe yang dihaluskan lalu lengkuas, daun jeruk, santan dan cabe kecil tambahkan gula garam masak hingga mendidih matang.
3. Sajikan bersama nasi pecel dan rempeyek kriuk pake telor ceplok maknyusss...

Hmmm... silahkan dicoba resepnya bu ibu resep asli jawa timuran yang maknyuss.. apalagi kalau menggunakan E-Cook ini dijamin mantaap, saya sudah membuktikannya!!!



* Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi lock&lock "Mrs. Chef" yaitu kompetisi yang diadakan oleh Lock&Lock Indonesia yang bekerjasama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food).


About Pak Judin

My name is Nur Laili Awalia

0 komentar:

Posting Komentar

© nur laili awalia - Blogger Templates Designed by: Templatezy